Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » Puskesmas Sisumut Kotapinang Bagikan Obat Penyakit Kaki Gajah Kepada Masyarakat

Puskesmas Sisumut Kotapinang Bagikan Obat Penyakit Kaki Gajah Kepada Masyarakat

Posted by LABUHANBATU BERSUARA on Rabu, 26 Oktober 2016

Kotapinang (LB)- Puskesmas Jalan Karangsari Desa Sisumut, Kecamatan Kotapinang Labuhanbatu Selatan (Labusel) bekerja sama dengan aparatur desa setempat menggelar acara Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belakaga) dengan pemberian obat penyakit kaki gajah (filariasis) gratis kepada masyarakat di kantor kepala desa Sisumut, Kamis (13/10) lalu.

Kepala Puskesmas Desa Sisumut Elpiana Harahap SKM didampingi Kepala Tata Usaha Haspindori AMKeb dan dr Zaki Tantowi didampingi tenaga medis bidan dan perawat mengatakan, Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belakaga) merupakan salah satu program pemerintah dalam bidang kesehatan untuk pencegahan penyakit menular kaki gajah. "Obat filariasis sangat perlu sebagai metode untuk pencegahan penyakit kaki gajah," tegasnya di hadapan warga.

Dikatakan, penyakit kaki gajah adalah suatu jenis penyakit yang ditularkan melalui semua jenis nyamuk dan merupakan suatu penyakit infeksi yang bersifat menahun (bartahun-tahun).

"Atas dasar program pemerintah bidang kesehatan ini melalui Departemen Dinas Kesehatan, Puskesmas Sisumut berkomitmen melaksanakan pemberantasan penyakit kaki gajah (filariasis) khususnya di wilayah desa Sisumut," ungkapnya.

Elpiana Harahap mengimbau agar seluruh warga mengikuti program Belakaga untuk mencegah penularan penyakit filariasis, karena dengan meminum obat yang diberikan akan memperoleh manfaat untuk terhindar dari resiko tertular penyakit kaki gajah dan kecacingan.

"Saya juga meminta seluruh tenaga medis bidan maupun perawat Puskesmas Sisumut untuk melakukan sweeping ke rumah-rumah warga dalam pemberian obat filariasis ini," katanya.

Sementara dr Zaqi Tantowi mengatakan, penyakit kaki gajah adalah jenis penyakin infeksi yang bersifat menahun yang disebabkan oleh cacing filariasis dan ditularkan nyamuk.

"Orang yang berusia 2-70 tahun, tidak hamil atau sakit keras wajib meminum obat pencegah penyakit kaki gajah," terangnya.

Kepala desa Sisumut bersama warga mengungkapkan rasa terima kasih kepada Dinas Kesehatan khususnya Puskesmas Sisumut yang sangat peduli terhadap kesehatan masyarakat. "Kiranya kegiatan-kegiatan yang bertujuan  untuk meningkatkan kesehatan termasuk fogging pencegahan DBD terus ditingkatkan," harapnya.

Acara pemeberian obat filariasis ini diikuti ratusan warga. Kegiatan serupa juga dilakukan di dusun Lubuk Panjang, Blok Songo dan Blok 40 desa Sisumut yang dimukim masyarakat banyak. (D18/h)

Sumber-Harian-Sinar-Indonesia-Baru (SIB)

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 LABUHANBATU BERSUARA. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger